Selasa, 29 Maret 2016

THE SNAKE PLANT: MENGEMBANGBIAKKAN SANSIVIERIA SP

Hai! Ini aku lagi. Aku baru aja selesai ngerjain tugas presentasi prakaryaku. Tugas ini seharusnya aku kerjakan bersama teman-teman sekelompokku, tapi karena nggak ada waktu buat kumpul, jadi kami bagi tugas.

Presentasi kali ini tentang budidaya tanaman hias dan tanaman yang kita pilih untuk di presentasikan adalah Snake Plant atau Sansevieria atau biasa disebut Lidah Mertua karena berbentuk tebal dan kasar dengan ujung yang runcing tajam.
Sansevieria atau lidah mertua atau snake plant adalah tanaman hias yang dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Daunnya keras, tegak, dengan ujung yang runcing.
Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

Sansevieria dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50–75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3–6 cm. 
Tumbuhan ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembap maupun basah, sansiviera tetap bisa tumbuh subur. 

Warna daun Sansevieria beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi. Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.

Sansevieria memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan.

Sansevieria bisa ditanam di mana saja. Di pot, di lahan, bahkan dapat ditanam dengan sistem hidroponik atau dengan media air. Contohnya dengan hidrogel seperti pada gambar kedua.

Siapkan pot yang tidak terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil, isi pot dengan campuran Tanah gembur, pupuk kandang atau kompos, dan pasir dengan perbandingan 3:2:1 (3 Tanah : 2 Pupuk : 1 Pasir).
Isi pot 1/3 bagian pot saja.
Siapkan Bibit Lidah Mertua.
Untuk membudidayakan lidah mertua agar cepat tumbuh, maka penanaman sebaiknya menggunakan tunas lidah mertua yang sudah tumbuh atau dengan menyetek daun tanaman.
Tanam ke dalam pot kemudian tutup pot dengan sisa tanah sampai terisi penuh (sisakan sekitar 5 cm dari bagian atas pot). Jangan menekan tanah dengan sangat keras, karena dapat merusak akarnya. Letakkan pada tempat yang teduh, dan lakukan penyiraman setelah penanaman selesai.
Lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore hari, setelah lidah mertua sudah tumbuh penyiraman dapat dikurangi 2-3 hari sekali. Karena bunga lidah mertua sangat tahan terhadap minimnya air. 

Lakukan pemupukan
jika diperlukan dengan memberikan pupuk khusus tanaman hias, pemberian pupuk kimia biasanya akan merusak rimpang, jika ingin memberi pupuk kimia, berilah dengan jumlah yang sangat sedikit (10 butir atau 1 sendok teh) dan jangan langsung mengenai lidah mertua.
Gunakan polybag sebagai pengemas tunas-tunas sansevieria. Sedangkan untuk sansevieria yang berukuran tinggi dan besar gunakan pot sebagai pengemasnya.

And here it is!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar