Minggu, 10 Januari 2016

LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK


Tugas kelompok Ekonomi! Merangkum Bab 5 bagian LKBB dan dibuat presentasi. Presentasi dilakukan Jumat depan, kalau nggak ada halangan. Waduh, perlu nyicil nih. Nah, berikut adalah catatan kecilku mengenai Lembaga Keuangan Bukan Bank, atau bisa disingkat LKBB.

LKBB adalah Badan usaha yang bergerak di bidang keuangan yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat untuk kegiatan produktif.


Secara langsung maupun tidak, LKBB menghimpun dana terutama dengan jalan mengeluarkan surat berharga dan menyalurkannya pada masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan.

Lembaga keuangan berkembang sejak 1972 dan bertujuan mendorong perkembangan pasar modal serta membantu permodalan perusahaan-perusahaan ekonomi lemah.

1. Mengetahui latar belakang dan identitas nasabah
2. Memantau rekening dan transaksi nasabah.
3. Melaporkan transaksi keuangan yang mencurigakan yang dilakukan secara tunai
     terutama yang terkait dengan pendanaan terorisme.

Lembaga yang menghimpun dana melalui penarikan premi dan menjanjikan pemberian sejumlah ganti rugi kepada pihak pembayar premi apabila terjadi suatu peristiwa yang merugikan pembayar tersebut.

Lembaga asuransi memiliki peranan ganda, yaitu sebagai lembaga pelimpahan risiko dan lembaga penyerap dana dan mayarakat. Dana yang dihimpun umumnya diinvestasikan dalam surat berharga atau dipinjamkan kepada pihak lain.



Pegadaian adalah perusahaan umum pemerintah yang memberikan pinjaman kepada nasabah dengan jaminan barang-barang berharga. Jaminan tersebut diserahkan oleh peminjam untuk dikuasai pemberi kredit tanpa akta notaris.

Apabila peminjam terlambat melunasi pinjamannya, maka ia dikenai peringatan dan diberi kesempatan tiga minggu untuk melunasi pinjamannya. Jika ternyata tetap tidak dapat melunasi, barulah barang jaminannya dilelang. Jika nilai jual jaminan lebih tinggi daripacla nilai utang, kelebihannya dikembalikan kepada pihak peminjam.


Leasing adalah pembelian secara angsuran, di mana sebelum angsurannya selesai (lunas), hak barang yang diperjualbelikan masih dimiliki oleh penjual. Namun, begitu kontrak leasing ditandatangani, segala fasilitas dan kegunaan barang tersebut boleh digunakan oleh pembeli.

Manfaat Leasing :
1. Menghemat modal
2. Diversifikasi sumber-sumber pembiayaan
3. Persyaratan lebih mudah dan fleksibel
4. Biaya lebih murah



Lembaga Dana Pensiun merupakan jaminan pegawai di hari tua. Lembaga Dana Penisun memiliki dua fungsi, yaitu sebagai tempat untuk mengumpulkan dana jangka panjang dan memberi jaminan pensiun bagi anggota peserta yang pensiun.

Dana pensiun diperoleh melalui pemotongan gaji pegawai setiap bulan selama pegawai tersebut masih aktif bekerja, kemudian dibayarkan kembali kepada pegawai setelah pensiun. Dalam masa tenggang, dana yang terkumpul tersebut disalurkan kepada masyarakat dengan : 
1. Dipinjamkan kepada badan-badan yang membutuhkan.
2. Dibelikan surat-surat berharga yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga
    pemerintah.

Koperasi Kredit atau Koperasi Simpan Pinjam adalah lembaga keuangan berbentuk koperasi yang usahanya di bidang perkreditan atau simpan pinjam dengan tujuan membantu memperbaiki keadaan ekonomi dan kesejahteraan anggotanya. Kegiatan koperasi kredit yaitu menerima simpanan dari anggotanya dan meminjamkan kepada anggota yang membutuhkan dengan syarat yang mudah dan bunga ringan.


Perusahaan Anjak Piutang yaitu badan usaha yang melakukan kegiatan  pembiayaan dalam bentuk pembelian atau pengalihan serta pengurusan piutang.
Manfaat bagi klien
1. Peningkatan penjualan
2. Kelancaran modal kerja
3. Memudahkan penagihan hutang
4. Efisiensi usaha
Manfaat bagi factor yaitu fee dari klien
Manfaat bagi customer :
1. Kesempatan untuk membeli secara kredit
2. Pelayanan penjualan yang lebh baik

Perusahaan Modal Ventura adalah badan usaha yang melakukan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam perusahaan.

Manfaat modal ventura :
1. Keberhasilan Usaha Meningkat
2. Efisiensi dalam Pendistribusian Barang
3. Menigkatkan Bank-abilitas perusahaan
4. Pemanfaatan Dana Perusahaan Menigkat
5. Likuiditas Menigkat


Bursa efek atau pasar modal merupakan tempat jual beli efek: obligasi, saham, dan surat berharga. Tujuan didirikannya bursa efek adalah untuk menghimpun dana lewat penjualan surat berharga/efek guna membiayai kegiatan-kegiatan yang produktif.

Saham adalah surat berharga di mana pemiliknya merupakan pemilik perusahaan. Sedangkan obligasi adalah surat berharga yang merupakan instrumen utama perusahaan yang pemiliknya bukanlah pemilik perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar